Rabu, 30 April 2014

Penutup Makalah



BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Setelah proses pembuatan makalah materi syarat kecakapan umum pramuka penegak laksana serta interaksi langsung dengan kegiatan pramuka yang dialami oleh penulis, maka penulis dapat menyimpulkan beberapa hal antara lain:
*  Penegak Laksana, yaitu Pramuka Penegak yang telah menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum Penegak Laksana atau bisa disebut juga Penegak Laksana adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum kedua dalam satuan Pramuka Penegak setelah Penegak Bantara. Golongan Pramuka Penegak yang telah menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Laksana dapat mengikuti SKU Pramuka Garuda.

*   Penegak Laksana memberi ruang, wadah, dan media dalam membangun generasi muda yang memiliki karakter, kepribadian, dan watak yang kuat.

*   Penegak Laksana sebagai sarana untuk membangun generasi muda yang cerdas, tangguh, luhur budi pekertinya, serta rukun, dan bersatu.

*   Penegak Laksana juga menduduki peran yang makin penting di era global sekarang ini. Era globalisasi telah menghadirkan tumbuhnya gejala universalisme dan transnasionalisme yang kian menguat.

*   Penegak Laksana juga sebagai antisipasi dari menghindarkan remaja atau pemuda dari gejala denasionalisme atau melemahnya rasa kebangsaan.

*  Penegak Laksana dengan ragam kegiatan yang bernuansa cinta tanah air memegang peran penting untuk mempertebal semangat nasionalisme ditengah-tengah fenomena globalisasi.




3.2 Saran
Saran yang ingin disampaikan penulis adalah :
1. Selalu mengamalkan kepramukaan dikeluarga, sekolah, dan masyarakat mengingat pentingnya Pramuka demi menbangun karakter bangsa.
2.    Seharusnya untuk pihak masyarakat, Sekolah dan Pemerintah harrus lebih memperhatikan lagi dan mensupport adanya kegiatan pramuka.
3.    Pembina atau pelatih harus giat memperluas pengetahuan tentang Pramuka kepada Dewan Penegak Ambalan Budi Utomo – R.A Kartini Pangkalan SMK Negeri 1 Lelea GUDEP 01.075 – 01.076 agar dapat menyampaikan kematerian kepada peserta didik serta memberi contoh yang patut diteladani.
4. Dewan Penegak Ambalan Budi Utomo – R.A Kartini Pangkalan SMK Negeri 1 Lelea GUDEP 01.075 – 01.076 semaksimal mungkin berupaya untuk menjadi teladan bagi Anggota Penegak yang ada di SMK Negeri 1 Lelea agar tidak memandang kegiatan Pramuka sebagai kegiatan yang asing dan membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Linux Center

Linux Center