Rabu, 30 April 2014

Kegiatan Pramuka Penegak



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Penegak adalah gerakan pramuka yang sudah memasuki jenjang umur 16 sampai 20 tahun. Ada 2 Tingkatan dalam Pramuka Penegak yaitu : Penegak Bantara dan Penegak Laksana.
Kegiatan Pramuka Penegak adalah perwujudan dari sumpah di atas. Berikut ini acara-acara pertemuan Penegak :
*        Lompat Tali (Kegiatan ini dilaksanakan di masing-masing Ambalan).
*        Pelantikan Tamu Penegak, Pelantikan Penegak, Pelantikan Penegak Bantara, Pelantikan Penegak Laksana.
*        Gladian Pimpinan Sangga (DIANPINSA).
*        Raimuna (Rover Moot).
*        Perkemahan Wirakarya (Community Development Camp).
*        Perkemahan Bhakti (sama dengan perkemahan Wirakarya tetapi merupakan acara satuam karya) Jamboree On The Air (JOTA) Jamboree On The Internet (JOTI) dll.
*        Bentuk barisan upacara Pramuka Penegak adalah perlombaan dimana PINSA berada disamping kanan barisan dan anggotanya bebaris seperti umumnya (Berbanjar).
*        Pramuka Penegak selain aktif di Ambalannya masing-masing juga dapat bergabung dalam Satuan Karya (SAKA) semisal Saka Bhayangkara (diselenggarakan oleh POLRI), Saka Wana Bhakti (diselenggarakan oleh Perhutan) dan lainnya.
Penegak Laksana, yaitu Pramuka Penegak yang telah menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum Penegak Laksana atau bisa disebut juga Penegak Laksana adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum kedua dalam satuan Pramuka Penegak setelah Penegak Bantara. Golongan Pramuka Penegak yang telah menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Laksana dapat mengikuti SKU Pramuka Garuda.
Makalah ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat Pramuka Penegak Laksana. Sebagaimana kewajiban dari seorang civitas siswa yang tergabung dalam Organisasi Pramuka SMK Negeri 1 Lelea untuk mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Organisasi tersebut. Dalam hal ini adalah Pelantikan Penegak Laksana seperti yang sudah diuraikan dalam kegiatan Pramuka Penegak di  atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Linux Center

Linux Center